Selasa, 10 Mei 2016

kalkun adalah.

Kalkun atau ayam kalkun merupakan sebutan utk dua spesies burung berukuran akbar dari ordo Galliformes genus Meleagris. 

Kalkun betina lebih mungil & warna bulu kurang berwarna-warni di bandingkan kalkun jantan. Selama berada di alam bebas, kalkun enteng dikenali dari rentang sayapnya yg mencapai 1,5-1,8 meter. 

Spesies kalkun asal Amerika Utara dinamakan M. gallopavo sedangkan kalkun asal Amerika Tengah dinamakan M. ocellata. 

Kalkun hasil domestikasi yg diternakkan utk diambil dagingnya berasal dari spesies M. gallopavo yg pula dikenal sbg kalkun liar (Wild Turkey). Sedangkan spesies M. ocellata bisa saja yakni hasil domestikasi suku Maya. Ada orang yg berpendapat kalkun yg diternakkan utk diambil dagingnya berasal dari kalkun suku Maya. Alasannya kalkun suku Maya lebih penurut dari kalkun liar asal Amerika Utara, tetapi teori ini tak didukung fakta morfologis. Kalkun hasil domestikasi memiliki pial (sektor bergelambir di bawah paruh) sbg kebenaran bahwa kalkun negara berasal dari kalkun liar M. gallopavo. Kalkun M. ocellata yg dipelihara orang Maya tak mempunyai pial. 

Kalkun liar ialah hewan buruan di Amerika Utara, tetapi tak seperti kalkun negara, kalkun liar gesit & pandai terbang.
Diwaktu kalkun mula-mula kali ditemukan di Amerika, orang Eropa salah mengenalinya sbg burung asal Afrika Numida meleagris yg pula dikenal yang merupakan "ayam turki" lantaran diimpor dari Eropa Tengah lewat Turki. Dalam bahasa Inggris, kalkun masih dinamakan yang merupakan "Turkey" sampai saat ini. Kalkun termasuk juga genus Meleagris yg dalam bahasa Yunani berarti "unggas asal Guinea". 

Nama-nama dalam bermacam bahasa dunia utk kalkun hasil domestikasi pun mencerminkan nama negara asal kalkun yg "eksotik" menurut orang era dahulu. Sekaligus nampak sedang bingung orang eralalu mengenai negeri asal kalkun. Kepada diwaktu itu, orang yakin tempat benua Amerika yg baru saja ditemukan terletak di Asia Timur. diluar itu, orang era dahulu senang menamakan binatangbersama nama-nama area yg jauh & eksotis agar mampu dipasarkan mahal. 

Kalkun adalah ejaan bahasa Indonesia buat bahasa Belanda "kalkoen" yg diambil dari nama kota Kalikut di India. Sedangkan Ayam Belanda ialah sebutan bahasa Melayu buat kalkun. Dalam bahasa Denmark & Norwegia, kalkun serta dinamakan sbg kalkun, atau kalkon (bahasa Swedia), Kalkuun (bahasa Jerman hilir), kalkkuna (bahasa Finlandia), & kalakuna dalam bahasa Papiamento. 

Dalam bahasa Nahuatl, kalkun liar dinamakan guajolote (ejaan lama : xuehxolotl). 
Dalam bahasa Spanyol dinamakan Pavo. 
Dalam bahasa Turki dinamakan hindi yg artinya "asal India." Orang Perancis serta menyebutnya d'inde (kependekan dari bahasa Perancis poulet d'inde yg berarti "ayam dari India"). 
Dalam bahasa Katalan dinamakan gall dindi (ayam India). 
Dalam Bahasa Ibrani dinamakan tarnegol hodu (תרנגול הודו), yg dengan cara harafiah berarti "ayam India". Dengan Cara kebetulan, hodu (India) yaitu homonim yg serta berarti "terima kasih" (bahasa Inggris : "thanks"). Maka tidak jarang ada salah pengertian, "tarnegol hodu" dikira berarti "ayam buat Thanksgiving". 
Dalam bahasa Rusia dinamakan indiuk (индюк), indyk dalam bahasa Polandia, atau indik (אינדיק) dalam bahasa Yiddish yg semuanya berarti India. 
Dalam bahasa Malta dinamakan dundjan (dibaca dondyan) yg meskipun samar-samar berarti India. 
Dalam bahasa Arab dinamakan deek roumi (ديك رومي) yg berarti ayam jantan Romawi atau burung Ethiopia. 
Dalam bahasa Portugis dinamakan peru, sebagaimana nama negeri Peru. 
Dalam bahasa Yunani dinamakan gallopoula yg berarti "burung Perancis". 
Dalam bahasa Bulgaria dinamakan Пуйка(puijka) atau Мисирка (misirka) yg berarti negeri Mesir. 
Dalam bahasa Gaelik Skotlandia dinamakan cearc frangach yg berarti "Ayam Perancis". 
Dalam bahasa Italia dinamakan tacchino. 
Dalam bahasa Jepang dinamakan 七面鳥(shichimenchō ayam tujuh wajah?) atau 칠면조 chilmyeonjo dalam bahasa Korea. Sektor kepala kalkun jantan yg tak berbulu sanggup berubah-ubah warna,maka orang punya anggapan wajah kalkun dapat beralih tergantung terhadap suasana hati. 
Dalam bahasa Tionghoa dinamakan(火鸡) huoji lantaran kepalanya yg merah seperti warna api.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar